Home » , » Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Penggunaan Komputer

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Penggunaan Komputer





BASA YANG BASI


Teknologi Informasi dan Komunikasi - Selamat pagi semuanya dan semoga diberikan kesehatan sehingga kita bisa belajar bersama lagi. Di zaman yang serba modern ini hampir dipastikan semua orang memakai komputer sebagai media teknologi informasi. Bohong kalau ada yang mengatakan belum pernah sama sekali melihat komputer.

Iya, komputer sekarang merupakan partner kerja yang baik bagi kita dan malahan lebih dari sekedar teman kerja. Semua pekerjaan apa saja sekarang ini, 85% diselesaikan menggunakan komputer. Kemana - mana selalu membawa peralatan komputer berupa gadget seperti handphone, Pad dan lain - lainnya. Pokoknya semua pekerjaan terasa sangat mudah kalau bersanding dengan sahabat yang satu ini.

DAMPAK NEGATIF


Diatas tadi sedikit menyimak tentang bagaimana keuntungan kita memakai komputer sebagai teman kerja, namun tahukah kalian bahwa pemakaian peralatan - peralatan komputer (yang berlebihan) ternyata bisa menyebabkan beberapa hal negatif yang juga bisa merugikan pada diri sendiri terutama pada kesehatan.

Penelitian yang telah dilakukan menyimpulkan bahwa pengguna komputer dapat menderita nyeri otot dan tulang, terutama pada bahu, pergelangan tangan, leher, punggung, pinggang bagian bawah, dan nyeri kepala. Selain itu, pengguna komputer juga dapat terserang penyakit lain, seperti kesemutan, badan bengkak, anggota badan kaku, sakit ginjal, mata merah, berair, nyeri, dan bahkan gangguan penglihatan.

APA PENYEBABNYA ?


Nah, ini dia hal yang akan kita bahas yakni kenapa dampak negatif bisa muncul padahal komputer membantu pekerjaan kita. Hehehe..... selidik demi selidik, ternyata penyebab dari dampak negatif tersebut adalah karena posisi duduk yang salah ketika memakai komputer.

Selain itu juga bisa disebabkan oleh posisi peralatan komputer, pencahayaan ruangan, dan kondisi lingkungan sangat memengaruhi kesehatan dan keselamatan kalian saat menggunakan komputer. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar terhindar dari gangguan kesehatan dan keselamatan saat menggunakan komputer, di antaranya sebagai berikut :
  • Mengatur posisi tubuh sedemikian rupa sehingga kalian merasa nyaman ketika duduk.
  • Mengatur posisi perangkat komputer dan ruangan sebaik mungkin sehingga cukup nyaman bagi Anda.
  • Makan, minum, dan istirahat yang cukup. Jangan sampai duduk berjam-jam saat menggunakan komputer sehingga lupa makan dan minum.
  • Olahraga dan menggerakkan badan Anda sebelum maupun sesudah menggunakan komputer.
  • Jangan terpaku terus ke layar monitor, alihkan pandangan sekali-kali ke luar ruangan untuk menyegarkan mata.

KESIMPULANNYA... ??


Kesimpulan dari pembelajaran diatas bahwa peralatan apapun yang dipakai tentunya akan membawa dampak yang positif kalau dipergunakan sebagaimana mestinya dan akan berdampak negatif jika penggunaan yang salah, jadi pergunakanlah sebagaimana mestinya.

Akhir kata, semoga pembelajaran kita hari ini bermanfaat bagi kalian dan bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari - hari. Alhamdulillah.
Share this article :

2 komentar:

  1. Thanks Pak Guru pencerahanya. Slama Go Blog dari Mahasiswa Go Blog

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan Anda.
Kalau ada salah dan khilaf dalam penyajian informasi ini mohon kiranya untuk bisa menyampaikannya disini agar bisa kita musyawarahkan bersama untuk mencari titik temu yang lebih sempurna lagi.

 
Support : Johny Template
Copyright © 2011. Teknologi Informasi dan Komunikasi - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger