Home » , » Mengenal Istilah Dalam Jaringan Komputer

Mengenal Istilah Dalam Jaringan Komputer




SK/KD


Standar Kompetensi :
Menggunakan Internet untuk Keperluan Informasi dan Komunikasi

Kompetensi Dasar :
Menjelaskan berbagai Perangkat Keras dan Fungsinya untuk Keperluan Akses Internet

Kegiatan Pembelajaran :
Melalui diskusi kelompok dan panduan buku pegangan, siswa mendeskripsikan tentang ISP dan istilah - istilah dalam bidang internet
 

MATERI PEMBELAJARAN


Network atau Jaringan Komputer merupakan saran utama pembentuk jaringan internet. Jaringan komputer dapat berupa jaringan lokal maupun jaringan global. Saat membahas jaringan komputer, nantinya akan banyak menemukan istilah - istilah seperti Server, host hingga workstation.

Sekarang kita kembali ke Jaringan Komputer (selanjutnya kita sebut sebagai Jaringan saja) adalah sekumpulan komputer yang saling tersambung.

Jaringan Komputer terbagi menjadi 2 bagian yakni :
  1. Jaringan wireline yakni jaringan yang menggunakan kabel sebagai media penghubung antar anggota jaringan.
  2. Jaringan wireless yakni jenis jaringan yang tidak menggunakan kabel sebagai media penghubung antar anggota jaringannya.
 Dengan jaringan, memungkinkan satu alat digunakan oleh beberapa komputer. Misalnya satu printer untuk dipakai bersama - sama atau beberapa komputer.
Didunia dikenal beberapa macam jaringan. Penggolongan jaringan dilakukan berdasarkan kriteria tertentu. Kriteria ini misalnya lingkup wilayah jaringan, metode penyambungan jaringan dan arsitektur jaringan.

Seperti disebutkan diatas, dalam pembahasan jaringan ini nantinya kita akan menemukan beberapa istilah seperti workstation, host dan server. Nah... supaya tidak terlalu jauh dengan istilah - istilah tersebut sekarang kita bahas satu persatu.
  1. Workstation (client) - adalah komputer - komputer anggota jaringan yang dilayani server. Workstation inilah yang digunakan oleh pemakai komputer (user).
  2. Server - adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan atau network operating system. Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya, seperti halnya berkas atau alat pencetak (printer), dan memberikan akses kepada workstation anggota jaringan. Umumnya, di atas sistem operasi server terdapat aplikasi-aplikasi yang menggunakan arsitektur klien/server.
  3. Host adalah komputer denga antar muka jaringan yang dikonfigurasi menggunakan TCP/IP. Sebuah host dapat berupa sebuah windows NT server, workstation Linux, atau salah satu dari banyak router yag digunakan untuk melewatkan informasi dari suatu jaringan kejaringan yang lainnya.
Selain server dan workstation, dalam jaringan dikenal pula istilah simpul atau node. Node artinya titik. Dalam konteks jaringan, node merupakan anggota jaringan yang dapat menerima data atau menghasilkan data. Ada pula node yang dapat menghasilkan sekaligus menerima data.

Dalam skala kecil, jaringan komputer disusun menggunakan server, hub serta client. Hub adalah alat yang digunakan sebagai penghubung server dan client.

Berdasarkan wilayah kerja jaringan, pada umumnya dikenal istilah LAN (Local Area Network), MAN (Moetropolitan Area Network) dan WAN (Wide Area Network) yang akan kita bahas dikesempatan berikutnya.
 


KESIMPULAN


Dari pembahasan diatas terdapat istilah - istilah baru yang bisa dipelajari yakni :
  1. Jaringan adalah sekumpulan komputer yang saling tersambung.
  2. Workstation (client) - adalah komputer - komputer anggota jaringan yang dilayani server. Workstation inilah yang digunakan oleh pemakai komputer (user)
  3.  Server - adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer.
  4. Host adalah komputer denga antar muka jaringan yang dikonfigurasi menggunakan TCP/IP. 
  5. Node (titik) adalah merupakan anggota jaringan yang dapat menerima data atau menghasilkan data. 

PENUTUP


Semoga materi kali ini memberikan pengetahuan baru dan bermanfaat.
Posted by: Suriyadi
Teknologi Informasi dan Komunikasi Updated at: 18.21
Share this article :

Poskan Komentar

Terima kasih atas kunjungan Anda.
Kalau ada salah dan khilaf dalam penyajian informasi ini mohon kiranya untuk bisa menyampaikannya disini agar bisa kita musyawarahkan bersama untuk mencari titik temu yang lebih sempurna lagi.

 
Support : Johny Template
Copyright © 2011. Teknologi Informasi dan Komunikasi - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger