Home » , » Merubah Format Teks Menjadi Format Tanggal pada Excel

Merubah Format Teks Menjadi Format Tanggal pada Excel

Berkecimpung di IT pastinya tidak terlepas dari pekerjaan - pekerjaan yang bersinggungan dengan komputer. Dalam suatu instansi/perusahaan apabila yang namanya orang IT tentunya dianggap serba bisa dibidang komputer. Padahal kalau mau jujur, IT sama halnya dengan dokter spesialis yang misalkan spesialis kandungan tidak mungkin melayani bagian penyakit dalam dan lain sebagainya.

Tapi orang lain juga tidak bisa disalahkan kalau menganggap kita sebagai seorang IT adalah orang yang serba bisa di bidang komputer, apalagi SDM di instansi/perusahaan tempat kita bekerja sangat terbatas sehingga mau tidak mau atau suka tidak suka kita harus menguasai dan belajar hampir semuanya.

Sebagai tukang ketik surat, sebagai teknisi jaringan, sebagai pengajar, sebagai penginput database dan sebagai admin dari seluruh server yang di instansi/perusahaan tersebut. Nah.. berdasarkan pengalaman itulah yang menjadikan kita terdidik harus serba bisa dan cepat belajar artinya "Kita bilang bisa dulu, kalau bisa langsung kerjakan dan kalau belum bisa secepatnya harus belajar"

Langkah terakhir seorang admin adalah mengerjakan sesuatu dengan SDM seadanya tapi pekerjaan cepat dan tuntas diselesaikan dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. Makanya dalam kamus saya selama ini "tidak ada yang tidak bisa dikerjakan selama kita mau belajar".

Kok... jadi curhat...
Engga curhat sih sebenarnya, tapi hanya ingin menceritakan sedikit gambaran kenapa permasalahan yang akan kita bahas kali ini muncul. Karena kalau tidak ada pekerjaan yang saya sebutkan diatas tadi maka pembahasan kita kali ini tentang "Cara merubah format Teks menjadi format tanggal pada Excel" tidak akan pernah ada dan kita tidak akan pernah belajar walaupun ini hal sepele.

 

Permasalahan bermula dari peng inputan data siswa dari sebuah program yang kami dapatkan dari Dinas Pendidikan. Peng inputan data dimulai.... bla.. bla.. bla... dan singkat cerita done.. !!! Dan data tersebut kembali dikirimkan ke Dinas Pendidikan. 

Beberapa hari kemudian, ada instruksi untuk melakukan pendataan siswa dengan memakai PAS (Program Aplikasi Sekolah) yang deadline nya juga sudah ditentukan. Fikiran saya adalah "Bagaimana caranya supaya saya tidak kerja 2 kali... dengan memanfaatkan data yang sudah saya kerjakan pada program terdahulu ?". Selidik punya selidik, ternyata program terdahulu bisa meng-eksport data ke Excel dan PAS bisa di import data dengan Excel... wow... gayung bersambut.

Akhirnya, proses eksport dimulai dan berhasil.
Tapi ternyata tidak segampang itu, eksport ke Excel selesai tapi yang jadi masalah adalah penginputan data di program terdahulu pada tanggal lahir adalah berformat dd/mm/yyyy atau misalnya 12 Januari 1995 dan ketika di eksport ke Excel menjadi 120195 dan lebih parahnya lagi format itu terbaca sebagai chart atau karakter atau dalam bahasa kita teks sehingga Program Aplikasi Sekolah (PAS) tidak mau menerima dengan format seperti itu. Pusing dah... karena fikiran saya waktu itu untuk tanggal ini harus di input secara manual.... hehehe. Bayangkan menginput data siswa hampir ribuan dengan manual... kebayang kan..!!!

Searching mbah Google dan ketemu tapi ribetnya minta ampun.... false

Akhirnya mencoba mencari literatur tentang fungsi DATE. Dan menurut sumber yang dapat dipercaya bahwa fungsi DATE dapat digunakan untuk merubah text menjadi tanggal dengan ketentuan sebagai berikut :

=DATE("Tahun","Bulan","Tanggal")

Terus, bagaimana kalau kita mempunyai data 120195.
Maka dapat di uraikan adalah 12 adalah tanggal, 01 adalah bulan Januari dan 95 adalah tahun 1995.

Berarti untuk mengambil bagian - bagian dari teks - teks diatas kita harus memakai bantuan pemisah dan pengambil teks yakni Fungsi RIGHT, MID dan LEFT.

Pasti semua bingung... hahaha, saya juga bingung...

Sekarang kita langsung ke contoh saja.

Pada Sel A1 datanya adalah 120195, maka rumus yang harus kita tuliskan di sel disebelahnya (terserah anda) adalah :

=DATE(RIGHT(A1,4),MID(A1,3,2),LEFT(A1,2))

Saya jelaskan rumus diatas :
  • Kita tahu bahwa Format DATE itu default hasil adalah Tahun, Bulan dan Tanggal
  • Sedangkan data yang kita punya adalah Tanggal, Bulan dan Tahun
  • Namun kita tetap mengikuti default dari rumus tersebut yakni Tahun, Bulan dan Tanggal dengan disesuaikan dengan data yang kita punya.
  • RIGHT berfungsi mengambil teks paling kanan di sel A1 sebanyak 2 buah
  • MID berfungsi mengambil teks di tengah pada sel A1 mulai dari teks nomor 3 sebanyak 2 buah
  • LEFT berfungsi mengambil teks paling kiri sebanyak 2 buah
  • Rumus diatas bisa dibolak - balik tergantung data yang kita punya, kalau contoh diatas adalah menyesuaikan data yang saya punya yakni Tanggal, Bulan dan Tahun.
  • Silahkan lebih memahaminya lagi.

Seandainya data yang anda punya, misalkan 950225 atau Tahun, Bulan dan Tanggal maka rumus yang dipakai nantinya disesuaikan seperti dibawah ini :

=DATE(LEFT(A1,2),MID(A1,3,2),RIGHT(A1,2))

Bagaimana... semoga bisa dimengerti dan ada manfaatnya.
Seandainya pada pembahasan diatas terdapat kekeliruan maupun kesalahan dimohon untuk tidak sungkan - sungkan menyampaikannya disini. Dan kalau ada yang masih belum paham, saya membuka tangan untuk kita sama - sama berdiskusi.

Wassalam
Share this article :

16 komentar:

  1. kok tahun saya jadi 2995 ya bukan 1995 kalau contoh itu saya terapkan, mohon solusi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Datanya seperti apa mas, klo bisa mohon infokan data yang mas punya dan rumus yang mas pakai sekarang biar kita bisa bahas sama-sama

      Hapus
  2. kalo seandainya saya punya format tanggal seperti : 08/03/2014
    Bagaimana mengaplikasikan pada rumus diatas...
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo format tanggal seperti punya mas saprol ini kan sudah format date, jadi ngga usah lagi diterapkan mrnjadi format date. Yang saya maksud diatas adalah apabila kita sudah terlanjur punya data penanggalan berformat teks yang tidak bisa dipakai karena kebutuhan sebuah aplikasi yang menginginkan data berupa date.

      Hapus
  3. Permisi numpang tanya, kalau data yg saya punya 18.08.1994 bagaimana menerapkan rumus yg di atas
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama aja dgn diatas, asal kita paham posisi dari masing2 bagiannya.
      Saya sudah mencoba format yg anda punya sehingga rumusnya bisa seperti ini =DATE(RIGHT(A1,4),MID(A1,4,2),LEFT(A1,2)).
      Artinya
      - Right itu mengambil Tahun di sel A1 sebanyak 4 karakter
      - Mid artinya mengambil bulan di sel A1 mulai karakter ke-4 sebanyak 2 karakter
      - Left itu mengambil hari di sel A1 sebelah kiri sebanyak 2 karakter.
      Catatan bahwa A1 adalah sel data kita yg akan dipakai.
      Untuk merapikan pekerjaan tinggal klik format cell --> Date dan pilih Indonesia

      Hapus
  4. mau tanya : kalo tampilan di cell 1/4/2014 adalah 4 januari 2014 (tanggal versi english ato US) , tapi mau diu baha menjadi versi indonesia menjadi 01-04-2014 baca( 01 januari 2014) bagaimana caranya ?
    terima kasih

    BalasHapus
  5. tanya dong, kalo mau merubah misal : 02 september 2014 menjadi 02/09/2014 gimana caranya yah, dapat data tanggalnya sudah teks gitu, mau dirubah ke digit, thanks.

    BalasHapus
  6. Terimah kasih sangat bermanfaat dan membantu ★★

    BalasHapus
  7. PERMISI MAS KL SY MASALAHNYA FORMATNYA '02 Mar 1990 jadi kalau saya sort sebagai number bukan sbg date. bisa tolong dibantu mas ?? sebelumnya terima kasih banyak

    BalasHapus
  8. Mau tanyamas.. saya punya format tanggal 20161205
    penerapan rumusnya seperti apamas...? terimakasih atas bantuannya

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan Anda.
Kalau ada salah dan khilaf dalam penyajian informasi ini mohon kiranya untuk bisa menyampaikannya disini agar bisa kita musyawarahkan bersama untuk mencari titik temu yang lebih sempurna lagi.

 
Support : Johny Template
Copyright © 2011. Teknologi Informasi dan Komunikasi - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger