Home » , » Mengenal Data Dalam Microsoft Excel

Mengenal Data Dalam Microsoft Excel


Teknologi Informasi dan Komunikasi - Berdasarkan sifatnya, data dalam Microsoft Excel dibagi menjadi dua golongan. Golongan pertama adalah data mentah, sedangkan golongan kedua yaitu data hasil pengolahan. Agar lebih jelas, simaklah penjelasan berikut :

1. Data Mentah

Data mentah adalah data yang Anda masukkan ke dalam lembar kerja Microsoft Excel. Disebut mentah karena data tersebut belum diolah. Data mentah dapat berupa teks maupun angka (data numerik). Data jenis ini dapat langsung diketikkan pada sel yang dikehendaki. Data mentah tersebut sebagai berikut :

a. Data masukan angka
Data numerik berupa angka atau nilai. Dalam Microsoft Excel, angka hanya terdiri dari karakter-karakter: 0; 1; 2; 3; 4; 5; 6; 7; 8; 9; +; -; (; ); .; ,; /; $; %; E; dan e. Oleh Microsoft Excel, kombinasi karakter angka dan karakter bukan angka dianggap sebagai data teks. Data berupa angka inilah yang dapat diproses dan dihitung secara matematis. Misalnya operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian,
dan akar kuadrat. Data numerik ditulis rata kanan dalam sel.

b. Data teks (strings)
Data strings adalah data berupa kombinasi antara angka, spasi, dan karakter yang bukan bertipe numerik. Contoh data strings adalah Ali, 12A, B105, dan 105 342. Data bertipe teks tidak dapat dihitung secara matematis. Dalam sel, data bertipe teks diatur rata kiri. 

2. Data hasil pengolahan disebut pula sebagai data formula (hasil perhitungan).
Data hasil pengolahan yaitu data yang dihasilkan oleh perhitungan komputer. Data formula diperoleh setelah kita mengetikkan rumus tertentu di dalam sel. 
Penulisan rumus selalu diawali dengan tanda sama dengan (=). Misalnya di dalam sel G3 diketikkan rumus = C4 * D4 (dapat pula Anda mengetikkan tanpa spasi, yaitu = C4*D4). Artinya, data dalam sel G3 tersebut merupakan hasil perkalian antara sel C4 dengan D4. Hasil yang ditampilkan dalam sel G3 adalah hasil perkalian C4 dan D4. Jika salah satu dari sel sumber (C4 atau D4) nilainya berubah maka sel G3 pun ikut berubah. 

Data mentah dibagi menjadi dua jenis. Jenis pertama adalah data masukan angka (numerik), sedangkan jenis kedua adalah data masukan teks. Data masukan disebut pula sebagai data input.

Demikian keterangan singkat tentang Data Dalam Microsoft Excel ini, semoga bisa bermanfaat dalam menambah pengetahuan.

Share this article :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Anda.
Kalau ada salah dan khilaf dalam penyajian informasi ini mohon kiranya untuk bisa menyampaikannya disini agar bisa kita musyawarahkan bersama untuk mencari titik temu yang lebih sempurna lagi.

 
Support : Johny Template
Copyright © 2011. Teknologi Informasi dan Komunikasi - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger