Home » , » Cara Memasang Widget Alexa di Blogspot

Cara Memasang Widget Alexa di Blogspot





BASA YANG SUDAH BASI


Assalamualaikum, jumpa lagi bersama saya orang awam yang masih berani aja nongol di internet hanya sekedar sok tahu dan sok pinter.. hehehe. Kali ini kita akan membahas masalah ALEXA. Mungkin diantara kalian ada yang masih belum tahu apa sih itu Alexa ?, sedangkan bagi yang sudah paham dan ngerti silahkan meneruskan membaca kalau pengen. Saya barusan jalan - jalan (di internet) ternyata banyak sekali toturial tentang Alexa ini, sampai - sampai bingung karena semuanya memiliki pendapat dan persepsi yang berbeda - beda (bagi yang punya pengalaman dan pemahaman) sedangkan bagi plagiat...(seperti saya .... hehehe) itu ngga jadi masalah yang penting copas dan posting... done!!

Oke... sebelum kita lebih jauh masuk kedalam, ada baiknya kita simak step-by-step tentang Alexa ini dan pahami serta aplikasikan sesuai dengan kebutuhan kalian.


APA ITU ALEXA



Menurut wikipedia, alexa adalah anak perusahaan dari amazon.com, yang dulunya dikenal dengan toolbar dan website. Lambat laun, situs ini berubah menjadi situs yang mengumpulkan data tentang perilaku browsing yang selanjutnya akan dianalisa untuk menyediakan informasi mengenai banyaknya pengunjung suatu situs dan berbagai aspek pendukungnya.
Oleh karena itu, bagi kebanyakan orang, adalah kebanggaan kalau mempunyai rangking tinggi di alexa, meskipun menurut Kila Morton, perhitungan di alexa kurang akurat. Selain kebanggan pribadi, alexa juga dijadikan acuan oleh beberapa perusahaan atau badan organisasi untuk menilai seberapa bermutu website yang kita miliki.


PENTINGKAH ALEXA INI


Kalau masalah penting atau tidaknya itu sih tergantung pada masing - masing perorangan sipemilik web/blog untuk apa yang mereka harapkan. Kalau memang dirasa dengan meningkatkan rangking di alexa bisa meningkatkan nilai jual website kita, yaa kenapa ngga pastinya penting juga sih. Tapi klo cuma web/blog kita sekedar tampil dan numpang lewat aja, yaa udah jangan diperpanjang lagi mendingan stop membacanya sampai disini.

Kalau saya pribadi (ini menurut saya lo..bukan menurut tetangga..hehehe) yang mencari recehan di blog, Alexa itu sangat penting untuk kelangsungan hidup blog dan kelangsungan dapur saya... hehehe kok bisa dapur, emang ada hubungannya?? Ya iyalah ada... dengan meningkatnya traffic yang tercatat di Alexa dan backlink yang didapat otomatis juga meningkatkan pengunjung ke blog saya sehingga banyak kesempatan salah satu pengunjung mengklik iklan adsense yang ditempatkan di blog dan hal itu merupakan penghasilan.. hehehe betul tidak.

Anda mungkin ingin meningkatkan Alexa rank karena pengiklan, networkers iklan menggunakannya sebagai ukuran untuk menentukan popularitas website/blog anda. Jadi, jika anda adalah seseorang yang menghasilkan uang dari iklan, anda pasti ingin meningkatkan rangking alexa.
Menurut seobook dalam salah postingan “Apakah Alexa Relevan di Tahun 2010″, dijelaskan meskipun alexa bukanlah no 1 dalam bidang ini, tetapi mereka memberikan layanan yang lebih baik dengan fasilitas gratisnya. Apalagi pada bulan Maret 2009, Alexa.com mengalami desain ulang lengkap dengan metrik baru termasuk : Pageviews per User, Bounce Rate, dan Time on Site dan pada minggu-minggu berikutnya mereka menambahkan fitur baru termasuk Demografi, Clickstream dan Search Traffic stats. Tentunya dengan penambahan fasilitas ini, kita lebih diuntungkan karena kita bisa mengetahui demografi pengunjung dari website/blog kita.
Nah, dengan kata “Gratis” dan “Menguntungkan” ini, apa anda tidak tertarik ???


PEMANFAATANNYA GIMANA ?


Ada beberapa pemanfaatan cara menaikkan rangking kita di alexa, yaitu dengan cara melakukan instalasi toolbar alexa di browser kita, memasang widget alexa di website/blog kita, menulis artikel tentang alexa, atau bahkan menginstall script khusus. Masalahnya, dari sekian banyak tips/trik tersebut, apakah bisa menjamin bahwa rangking website/blog kita akan naik??
Sebenarnya Alexa-nya ngga usah digeber seperti kendaraan bermotor, karena yang kita pacu sebenarnya adalah blog kita yang sudah didaftarkan di Alexa dengan melakukan hal - hal lazim sebagai pemicu peningkatan rangking di Alexa, antara lain :
  • Update konten. Usahakan setiap hari anda rajin untuk mengupdate konten website/blog anda. Minimal 2 artikel per hari agar website/blog anda tidak monoton dan pengunjung anda tidak bosan dengan konten yang “itu-itu” saja
  • Bookmark Sosial. atau bahasa kerennya Social Bookmarking. Daftarkan situs anda pada situs social bookmarking dan update konten anda ke situs tsb.
  • Blogwalking. Rajin-rajinlah mengunjungi website/blog orang lain. Selain kita bisa tambah temen, kita bisa ngasih komentar terhadap postingan tertentu dan yang pasti kita bisa "nitip link"
  • Kreatif. Buatlah postingan/artikel yang selalu baru. Jangan copas mentah-mentah milik orang. Kalau terpaksa, buatlah modifikasi agar artikel tidak seperti milik orang lain (seperti saya ini..hehehe).
  • Belajar Menulis. Mungkin aneh ya…tapi memang menulis itu ada aturannya. Bukan main asal tulis, tapi ikuti juga aturannya. Karena dengan belajar menulis, tentunya postingan/artikel kita akan lebih enak dibaca.



COBA APLIKASIKAN KE BLOG


Nah.. ini inti dari pembahasan diatas, bagaimana cara mendaftarkan blog ke Alexa biar bisa seperti punya kawan - kawan lain yang memiliki rangking tertinggi. Tapi seiring dengan berjalannya waktu kita juga bisa kok.
Sekarang ikuti lagi step-by-stepnya dibawah ini :
  • Silahkan kunjungi Alexa
  • Maka nanti kalian akan masuk kehalaman seperti terlihat dibawah ini, terdapat 3 pilihan widget yang bisa kalian pilih. Jadi sesuaikan saja dengan kebutuhan blog/web kalian.


  • Masukkan URL blog/web kalian kedalam salah satu form pilihan widget (contoh: http://suriyadi.blogspot.com) lalu klik Build Widget
  • Selanjutnya kalian akan masuk kehalaman selanjutnya, nah silahkan copy code pada salah satu widget yang diinginkan.


  • Langkah selanjutnya adalah pasang kode tersebut di Widget blog kalian (Dengan asumsi bahwa kalian semua sudah bisa memasang widget di blogger - Yang belum bisa cara memasang widget silahkan baca caranya disini).
  • Sekarang sudah selesai.


PENUTUP


Bagaimana...??? apakah kalian puas. Hohoho.... kalau kalian merasa puas syukur deh tapi kok saya jadi lemes ya..hehehe.
kalau begitu, cukup sampai disini dulu toturial kali ini, semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi kalian.. See You again. Alhamdulillah Done !
Share this article :

1 komentar:

Terima kasih atas kunjungan Anda.
Kalau ada salah dan khilaf dalam penyajian informasi ini mohon kiranya untuk bisa menyampaikannya disini agar bisa kita musyawarahkan bersama untuk mencari titik temu yang lebih sempurna lagi.

 
Support : Johny Template
Copyright © 2011. Teknologi Informasi dan Komunikasi - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger