Home » , » False Color Effect dengan Photoshop

False Color Effect dengan Photoshop


 Setelah beberapa waktu yang lalu saya membuat toturial tentang cara MEMBUAT EFFECT STARTRAIL Dengan Photoshop, maka kali ini saya kembali menyuguhkan tentang False Color. Teknik editing ini sering digunakan para fotografer dalam hal editing foto potrait, preweeding atau bahkan model dan tidak menutup kemungkinan foto-foto jenis lain.

Mungkin masih ada yang bingung "Apa sih False Color itu ?".. wkwkwk.. sebenarnya saya sendiri juga tidak terlalu paham pengertian sebenarnya tentang False Color, tapi menurut definisi saya bahwa False Color itu adalah menampilkan foto dengan spektrum warna yang berbeda dengan aslinya dan menonjolkan warna-warna tertentu yang bukan warna sebenarnya (ini menurut saya lo... klo ada pendapat yang berbeda silahkan dikoreksi ya....).

Sebagai catatan bahwa saya bukanlah seorang editing foto yang handal maupun seorang fotografer yang mahir, namun kiranya tidak ada salahnya kalau kita berbagi buat sobat semua yang kebetulan masih pemula sekali seperti saya.

Oke... daripada celoteh kesana kemari, mendingan kita langsung aja deh dengan langkah - langkah sebagai berikut :

  1. Buka foto yang ingin dibuat


  2. Duplikat Foto asli Anda
  3. Images -> Adjustment -> Auto Color, untuk membenahi warna foto, lakukan ini sesuai selera


  4. Images -> Adjustment -> Shadow/highlight untuk membuat bayangan dan cahaya semakin baik, lakukan ini sesuai selera



  5. Filter -> Sharpen -> Sharpen, untuk membuat foto semakin tajam, lakukan ini sesuai selera
  6. Images -> Adjustment -> Channel Mixer


    • Preset: Custom
    • Output Channels: Blue
    • Red: +17
    • Green: +102
    • Blue: -29
    • Constant: 0

    • Setting diatas tidak selalu sama dalam setiap foto, setting sesuai kebutuhan dan selera anda
  7. Sehingga akan menghasilkan foto seperti ini


  8. Crooping foto sesuai selera anda, dalam contoh ini saya hanya mencrooping sedikit tepi saja sehingga hasilnya seperti ini



Bagaimana sobat, lumayan mudah kan...hehehe. Semoga totur yang saya berikan kali ini bermanfaat buat hobby anda.

Model : Anggi
Fotografer : Suriyadi
Gear : CANON EOS Kiss X4
Lens : 135mm f/2L USM
Original Shoot : 03 April 2011  14:13 PM
Aperture : F/2.8  with Speed : 1/250
Posted by: Suriyadi
Teknologi Informasi dan Komunikasi Updated at: 07.00
Share this article :

Poskan Komentar

Terima kasih atas kunjungan Anda.
Kalau ada salah dan khilaf dalam penyajian informasi ini mohon kiranya untuk bisa menyampaikannya disini agar bisa kita musyawarahkan bersama untuk mencari titik temu yang lebih sempurna lagi.

 
Support : Johny Template
Copyright © 2011. Teknologi Informasi dan Komunikasi - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger