Home » , » Membuat Efek StarTrail dengan PhotoShop

Membuat Efek StarTrail dengan PhotoShop

Selamat pagi sobat semuanya...
Hobby kadang - kadang bisa melupakan segala problem yang ada, apalagi bagi saya yang hobby moto - moto terkadang untuk membuang kepenatan dan kejenuhan tinggal ambil kamera trus hunting deh.. hehehe.
Banyak teknik pengambilan photo yang sudah saya pelajari dari teman - teman sesama penghobby fotografer mulai dari makro, landscape, portscape, Human Interest, potrait, model, SlowSpeed, Interrior dan Startrail.
Nah...mengenai startrail ini sebenarnya dari segi teori sudah paham dan mengerti, tapi sayang resiko yang ditimbulkan untuk kamera yang membuat saya masih belum berani untuk mencobanya, maklum kamera akan terus dibiarkan menangkap semua kejadian yang ada selama berjam-jam terus menerus.
Untuk mengobati rasa penasaran tersebut, kali ini saya mencoba memanipulasi photo biasa untuk diberi efect Startrail dengan menggunakan Photoshop... hehehehe.

Langkah - langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Buka file yang akan diedit di photoshop terserah yang anda inginkan, sebaiknya gunakan photo yang diambil malam.


  2. Edit sesuka hati sampai dengan yang dikehendaki.


  3. Buat layer baru yang kemudian di isi warna hitam dengan menggunakan Edit/Fill/Black.


  4. Terus klik menu Filter/Noise/Add Noise. Masukkan amount 171.82% dengan Distribution Gaussian/Monochromatic.


  5. Setalah itu klik ke Filter/Blur/Gaussian Blur dengan radius 3.2 pixels.


  6. Klik layer blending menjadi screen. 


  7. Klik ke Image/Adjustment/Treshold dengan besaran level 128. Pilih brush tools dan tekan huruf D di keyboard (mengembalikan default foreground hitam and background putih). Hardness 0%, Opacity 50% dan Flow 20%.


  8. Hapus titik2 dibagian yang tidak dikehendaki dengan menyapukan brush tools. Jika ada bagian yang ingin dikembalikan, tekan huruf X dikeyboard (foreground putih dan BG hitam) kemudian sapukan lagi kuas ke bagian yang ingin dikembalikan. 


  9. Kemudian klik Filter/Blur/Radial Blur. Amount 12, Blur Method Spin dan Blur Center sesuai selera.


  10. Sekarang pekerjaan sudah selesai sehingga hasil akhir menjadi seperti ini

Bagaimana sobat semua, mau mencobanya. Silahkan untuk berkreasi sendiri untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dengan mengacu pada dasar - dasar editing diatas. SEMOGA BERMANFAAT.

Share this article :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Anda.
Kalau ada salah dan khilaf dalam penyajian informasi ini mohon kiranya untuk bisa menyampaikannya disini agar bisa kita musyawarahkan bersama untuk mencari titik temu yang lebih sempurna lagi.

 
Support : Johny Template
Copyright © 2011. Teknologi Informasi dan Komunikasi - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger