Home » , , » Membuat Sitemap Blog di Google

Membuat Sitemap Blog di Google

TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI - Dalam dunia webmaster atau dunia pem-blog-an pastinya sudah sangat mengenal dengan istilah Sitemap. Sitemap itu sendiri berfungsi sebagai rujukan Search Engine dalam melakukan crawling halaman website/blog. Hal tersebut diterapkan pada layanan Google Search Engine dan Bing Webmaster Tools (yang terintegrasi dengan Yahoo Webmaster Tools) dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan begitu, proses index itu sendiri nantinya akan lebih efisien dan cepat dalam mencatat semua halaman homepage, subpage oleh spiderbot (robot Google).

Dibandingkan dengan Wordpress, Url Feed bisa langsung dimasukkan tanpa harus menambahkan aturan - aturan tertentu. Hal ini tentu saja berbeda dengan Blogspot yang harus menambahkan aturan tertentu agar pemasangan (submit/pendaftaran) Sitemap tidak error. 

Baiklah, daripada panjang lebar dan luas tanpa ujung sekarang ikuti langkah - langkah dibawah ini :
  • Silahkan masuk KESINI
  • Login dengan menggunakan Account Google

  • Nantinya akan dibawa masuk kehalaman list blog/web kepunyaan kita, Klik Kelola Situs dibagian kanan situs/blog yang ingin dibuatkan Sitemap lalu klik Tambahkan atau Hapus Pengguna seperti gambar dibawah ini.


  • Setelah masuk halaman berikutnya, pada bagian kiri terdapat bermacam menu, pilihlah Pengoptimalan lalu klik Peta Situs, seperti gambar dibawah ini.



  • Pada bagian kanan klik tombol TAMBAHKAN/UJI PETA SITUS, seperti gambar dibawah ini.


  • Pada kolom yang muncul disamping alamat web/blog kita isikan opsi sitemap dibawah ini satu persatu sesuai kebutuhan :
sitemap.xml

feeds/posts/default 

Tambahkan juga url SEO Sitemap, dengan penulisan sebagai berikut :


atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

Atau apabila artikel/postingan blog anda lebih dari 1000, fungsikan sitemap berikut :

atom.xml?redirect=false&start-index=1001&max-results=1500


  • Setelah selesai memasukkan kode tersebut selalu diakhiri dengan menekan tombol Mengirim Peta Situs
  • Jika semua langkah diatas dilakukan dengan benar, maka anda dinyatakan berhasil dalam mensubmit/membuat Sitemap ke Google Webmaster Tools

Demikian toturial kali ini tentang Pembuatan Sitemap Blog di Google. Metode ini merupakan kelanjutan dari postingan terdahulu tentang Mendaftarkan Blog Agar Cepat Terindex Di Google yang merupakan metode sangat efektif dalam optimalisasi SEO, penerapan rujukan blog sebelum tampil di Search Engine sehingga mampu bersaing didunia pencarian.

Harapan saya, semoga bisa bermanfaat dan jika terdapat kesalahan maupun kekeliruan silahkan untuk menyampaikan disini agar bisa kita diskusikan bersama.

Wassalam.

Share this article :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Anda.
Kalau ada salah dan khilaf dalam penyajian informasi ini mohon kiranya untuk bisa menyampaikannya disini agar bisa kita musyawarahkan bersama untuk mencari titik temu yang lebih sempurna lagi.

 
Support : Johny Template
Copyright © 2011. Teknologi Informasi dan Komunikasi - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger