Home » , » Aplikasi Dapodikmen

Aplikasi Dapodikmen


Mungkin semua sekolah sekarang sudah tidak asing lagi dengan Aplikasi Dapodik baik tingkat Dasar maupun Menengah. Aplikasi Dapodikdas adalah untuk sekolah dasar dan Dapodikmen adalah untuk sekolah tingkat menengah adalah aplikasi penjaringan data pokok pendidikan pada kelompok Pendidikan Dasar dan Menengah di lingkungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMDIKBUD) yang meliputi :
  • Identitas sekolah
  • Profil Sekolah
  • Sarana dan Prasarana
  • Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  • Peserta Didik
  • Rombongan Belajar
  • Pembelajaran

Mengapa Sekolah harus menggunakan aplikasi Dapodik ?
Berdasarkan Instruksi Menteri Pendidikan Nasional No. 2 Tahun 2011 tentang Kegiatan Pengelolaan Data Pendidikan, yang diperkuat dengan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0923/MPK.A/PR/2014 tanggal 11 Februari 2014 mengenai Aplikasi Pendataan di Kemdikbud, dinyatakan bahwa Aplikasi DAPODIKMEN merupakan aplikasi resmi yang digunakan untuk menjaring data pokok pendidikan menengah. Data dari aplikasi Dapodikmen akan digunakan sebagai acuan data dalam program - program KEMDIKBUD di tingkat pendidikan Menengah seperti NISN, BOS, BSM, Aneka Tunjangan Guru, UN dan program lainnya.

Apa akibatnya jika sekolah menolak menggunakan Dapodikmen ?
Data pada aplikasi Dapodikmen digunakan sebagai acuan data dalam program - program KEMDIKBUD di tingkat pendidikan menengah. Apabila sekolah tidak berpartisipasi secara aktif maka akan berakibat kerugian bagi sekolah. Hal ini disebabkan data - data sekolah tersebut tidak sampai ke KEMDIKBUD dan akan berimbas pada kebijakan sekolah dalam program - program dari kementerian menjadi sesuai dengan kondisi dan kebutuhan sekolah.

Jadi buat rekan - rekan administrasi sekolah jangan menganggap remeh aplikasi Dapodikmen, segera update data sekolah anda sekarang juga.

sumber : baliprov.go.id


Share this article :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Anda.
Kalau ada salah dan khilaf dalam penyajian informasi ini mohon kiranya untuk bisa menyampaikannya disini agar bisa kita musyawarahkan bersama untuk mencari titik temu yang lebih sempurna lagi.

 
Support : Johny Template
Copyright © 2011. Teknologi Informasi dan Komunikasi - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger